Hikayat Kotak Pandora

Sampeyan pasti pernah mendengar istilah “kotak pandora”. Tapi, tahukah bagaimana istilah itu muncul? Saya baru mengetahuinya setelah membaca buku tipis berjudul “Puspa Sari Mitologi Yunani” karangan Herman J Weschler yang diterbitkan penerbit Ganesha pada 1976. Buku ini saya dapat dari Kwitang kemarin sore (16/01/2008) dengan harga hanya 2 ribu perak. Di perpustakaan pribadi saya di Jogja, saya punya delapan jilid buku mitologi Yunani dalam edisi hard cover dan full color. Tapi, seingat saya, tak ada satu pun yang berkisah tentang “kotak pandora” (saya tak berkesempatan mengeceknya lagi karena saya sedang di Jakarta).

Begini ceritanya: Selain manusia, bumi dulu juga ditempati oleh para titan. Zeus sangat tidak menyukai beberapa titan, dan titan yang paling tak disukainya adalah Promotehus yang bersikukuh hendak mencuri cahaya pengetahuan dari puncak Olympus. Nietzsche sangat mengagumi titan satu ini yang menurutnya memiliki ciri “uebermensch” (sebagian menerjemahkannya “superman”, tapi penerjemah spesialis Nietzsche, Walter Kauffman, lebih suka menerjemahkannya menjadi “overman”. ST Sunardi, dalam bukunya tentang Nietzsche yang diterbikan LKiS, menerjemahkan uebermensch menjadi “adimanusia”).

Zeus, diceritakan, juga membenci titan lainnya yang bernama Ephimetheus. Dia adalah kakak Promotheus. Untuk itu Zeus memerintahkan seorang dewa yang dikenal buruk rupa tapi memiliki keahlian seni yang mumpuni untuk membuat sebuah patung perempuan. Nama dewa itu Haphaestus. Dia sendiri adalah anak Zeus dari hasil perkawinan dengan Hera. Karena dia memendam asmara tak kesampaian dengan Aprhodite, maka ia membuat patung perempuan yang kecantikannya menyerupai Aphrodite.

Zeus senang dengan kesempurnaan patung itu dan lantas memberi patung itu kehidupan. Patung itu sendiri bentuknya lebih kecil dari ukuran manusia. Patung yang sudah diberi kehidupan itu diberi nama Pandora. Oleh Zeus, Pandora dititipi pula sebuah kotak rahasia yang tak boleh dibukanya.

Zeus lantas menghadiahkan patung itu pada Ephimetus. Kendati Promotheus sudah memeringatkan kakaknya akan kemungkinan tipu muslihat Zeus, Ephimetus telanjur menyukai dan mencintainya karena Pandora memang sangat cantik. Singkat kata, Pandora dan Ephimetus hidup berdampingan. Pandora sendiri hingga beberapa lama mampu menaati perintah untuk tidak membuka kotak itu. Tapi, lama kelamaan, Pandora penasaran dengan apa isi kotak yang dititipkan padanya.

Maka dibukalah kotak tersebut. Dari dalam kotak, berhamburanlah segala macam keburukan, seperti penyakit, wabah kesedihan dan keputusasaan. Sejak itu, bumi mulai mengenal penyakit dan segala keburukan hidup lainnya. Hanya saja, ternyata, di dalam kotak itu juga masih ada satu benda lain. Benda itu kecil bentuknya. Namanya: “Harapan”. Benda inilah yang kelak digunakan manusia di bumi untuk terus bertahan dari segala macam penyakit, wabah, kesedihan, dll.

Keren, ya? Cerita yang sangat metaforik. Kapan-kapan saya ingin mengulasnya dengan lebih dalam dan untuk ulasan yang lebih dalam pasti akan saya posting di blog pejalanjauh.

[Buku ini dibagi ke dalam 10 bab yaitu (1) Awal Mula Semesta, (2) Zeus, (3) Venus dan Kisahnya, (4) Empat Drama, (5) Dua Cerita Petulangan, (6) Cupido dan Psyche, (7) Mencari Bulu-bulu Emas, (8) Petualangan Herakles, (9) Peperangan Troya, dan (10) Petualangan Oddysesy. Cerita tentang "kotak pandora" sendiri ada di bagian ketiga bab I]

————————————-

:: baca catatan-catatan saya yang lain di kuburan pejalanjauh

Explore posts in the same categories: mitologi-yunani

34 Comments on “Hikayat Kotak Pandora”

  1. Butterfly And Wind Says:

    tapi ada kontroversi loh..
    “Harapan” itu adalah anugrah kekuatan bagi manusia..
    ataukah “Harapan” itu sebenarnya kutukan yang terburuk bagi manusia.. yang memperparah kutukan kutukan yang lain..

    when you’re young, hope is a blessing..
    but when you’re old enough, hope is a the greatest curse upon humankind..

  2. cicilia Says:

    wah keren bgt ceritanya…
    jadi pengen baca bukunya…
    btw buku nya masi terbit ngak ya???

  3. cupid Says:

    saya suka dengan cerita mitologi klasik, yang apabila diperdalam dan dihubungkan dengan kejadian di alam semesta kadang menimbulkan pemikiran bahwa “dongeng” yang ditulis dan diceritakan seolah-olah pernah terjadi, hal tsb juga didukung dengan artefak dan peninggalan yang dikaitkan dengan mitos itu. sehingga hampir tidak dapat dibedakan mitos dan dongeng dengan kejadian sesungguhnya.
    di indonesia sendiri banyak sekali “dongeng” / “mitos” yang diceritakan akan tetapi sangat sedikit bahkan hampir tidak ada bukti yang memperkuat legenda itu. yang menurut saya dikarenakan kebanyakan mitos indonesia dibumbui dengan klenik dan dikaitkan dengan takhayul yang sangat sulit diterima dengan pemikiran yang logis. seperti contoh legenda rawa pening dimana seorang anak kecil yang menancapkan lidi ditanah kemudian menyembur air dan menenggelamkan daerah rawa pening seakan-akan seperti kisah lumpur panas lapindo situbondo.
    Sekarang saya sedang mengumpulkan legenda dan mitos indonesia dengan mencoba mengumpulkan bukti-bukti artefak dan peninggalannya yang mendukung yang mungkin apabila dapat terkumpul bisa mengurai sejarah yang sesungguhnya dan mungkin dapat menunjukkan bahwa kita dulu adalah negara (*kerajaan) besar dan luar biasa. So klo ada cerita lain khususnya yang ada di indonesia, posted lagi ya !


  4. [...] Yang bisa menjadi masalah adalah, ketika ‘orang lain’ itu hidup dalam kepribadiannya sendiri, tetapi menyatu dalam wadah badan yang sama dengan diri kita, dengan kepribadian yang berbeda, yang mungkin saja berusaha meng-kudeta, yang terjadi berikutnya: perang dengan diri sendiri tak mungkin dihindarkan. Pilihan berikutnya adalah berkompromi dan mendidik diri sendiri, tapi bagaimana bila ada yang enggan pendidikan? enggan pencerahan lantaran berkeinginan tetap tinggal dalam kegelapan? Sebab, badan adalah bagai kotak pandora. [...]


  5. [...] Wui… Serem amat judulnya… Waitz… tunggu dulu ini bukan ada hubungannya Lho dengan mitologi yunani kotak pandora … he he he… melainkan barang yang ternyata sampainya senin nanti… sudah sampai [...]

  6. danialukitasari Says:

    Kemarin seorang sahabat menganalogikan apa yang saya simpan di dalam hati saya seperti kotak pandora. Iseng2 saya googling, apa itu kotak pandora, secara kalau saya tanya, saya nggak mau kelihatan bego banget. Haha. Akhinnya menemukan blog ini. Nice blog! Tapi kok yang menjadi perhatian saya bukan cerita pandoranya ya, tapi mengenal mitos2 dan budaya yunani. Masih bisakah mencari buku2 seperti ini di Kwitang? Dengan harga 2ribu? Haduh, kayaknya saya harus belajar nawar.
    Saya adalah orang Jogja yang tinggal di Jakarta juga. Hehe. Dan buku2 yang sekarang sangat ingin saya cari adalah buku2 mengenai SEMUA kebudayaan Jogjakarta. Karena kemarin saya mendapat sebuah tamparan dari dua orang teman yang mengatakan… “Kamu itu orang Jogja yang tidak Jogja” dan “Jangan sampai kehilangan identitas Jogjamu, nduk!” Haduh..

    Terimakasih balasannya.. :)

  7. Nur Hidayat Says:

    Terima kasih atas info kotak pandora. Sangat mengesankan cerita ini sehingga saya ingin memiliki buku mitologi yunani, kalau boleh saya mau dikirim kopinya karena saya cari-cari sampai di toko buku loak, nggak ketemu.

  8. Nur Hidayat Says:

    Tadi saya lupa memberikan identitas saya. Kalau boleh tolong fotokopian mitologi yunani dapat dikirim pada Nur Hidayat, SMK/STM Negeri 1, Jl. Dr. Cipto No. 93 Semarang 50124. Terima kasih sebelumnya.

  9. dewimalam Says:

    wooooooooow.. luar biasa!!!

    slama ini pengetahuan saya ttg kotak pandora salah donk? aku pernah search di google & mendapati sebuah blog yg membahas ’bout kotak pandora, disitu dikatakan kl kotak pandora itu, kotak kenangan masa lalu yg si empunya kotak sengaja untuk tidak mau membukanya kembali..

    gimana mas??

  10. indah Says:

    waw. ceritanya sangaat bagus. saya sangat menginginkan kotak pandora itu namun sulit sekali mendapatkannya. Saya jadi semakin ingin memilikinya. terima kasih untuk infonya.

  11. sherlock holmes Says:

    iih…!

    trnyata bner y kisah ttg kotak pandora itu
    cz saya prnah baca d sbuah k0mik jepang
    yg jdul na detective conan
    trnyata crita na cocok bgt lh0

    ……..,,,,!!
    xxx

  12. sherlock holmes Says:

    c0nan

  13. red reda Says:

    senang sekali dengan tulisannya. terima kasih. menghibur dan inspiring.

  14. monika Says:

    tulisannya keren, kalo boleh akan saya jadikan bahan referensi. terimakasihh :)

  15. dimast Says:

    Harapan di antara berbagai masalah? kirain kotak pengabul keinginan…..

  16. melisa Says:

    woooooow keren. nice story, jadi pengen baca bukunya (sekaligus beli), masih ada ga ya di kwitang?trims ya ceritanya. boleh di copy ga?mw dishare di FB

  17. lilis imut Says:

    w000w,saya sangat tertarik mebca histori ttg kotak pandora

  18. dwisri Says:

    setelah baca DETEKTIF CONAN q jdi pengen tau legenda or mitologi yunani tentang Kotak Pandora.
    Diceritain sma c’Conan seru jdi pengen cari eh nemu di sini!!

  19. topan Says:

    teringat kisah adam dan hawa….

  20. DAYAT OSIRIS Says:

    keren…critanya mantap.kr2 bsa cri dmna ya buku tentang pandora di karawang N buku tentang mesir kuno

  21. seto Says:

    nais inpoh gan, :D

  22. ilman Says:

    mau tanya nie..
    koleksi 8 jilid mengenai mitologi nya, judul nya apa aja???
    mkasih..

  23. rima Says:

    …sy sering baca di media cetak, dengar dari media elektronik soal kotak pandora…tapi secara spesifik nggak ngerti apa itu “kotak pandora”. baru lewat artikel ini sy sedikit paham apa itu kotak pandora….artikel bagus. sangat memberikan pengetahuan buat saya…tx…

  24. rendi Says:

    ternyata ceritamya seperti itu.
    dari dulu sering dengar tentang kotak pandora tapi tidak pernah tau cerita awalnya.

  25. dedek Says:

    saya senang sekali dengan sejarah, sayang nya saya di sini sangat sulit untuk mencari buku sejarah :’( kalo ada temen2 yang mau berbagi buku saya dengan senang hati menerima nya

  26. Minni Says:

    Kerenn !

  27. Minni Says:

    kereennn !!

  28. surya rasidi Says:

    buku yg bagus ,,,

  29. tri Says:

    di dalam ccerita pandora ada gambar2nya ngga?

  30. ikwansandi Says:

    trus kotak yang berisi banyak kotak yang berlapis lapis disebut apa kak?

  31. widie Says:

    Kereeeeeeeen ^_^

  32. Coretan Gie Says:

    Wah nambah 1 pengetahuan lagi nih jadi tau sekarang asal usul kotak pandora.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: